Wednesday, October 28, 2009

Science, If You Ain’t Pissin’ People Off, You Ain’t Doin’ It Right




“Sains, kalau kamu belum membuat orang marah, kamu belum benar melakukannya.”
Ya, komik dari Abstruse Goose di atas tentu saja cuma candaan si pembuat komik. Tapi kalau kita pikir-pikir pernyataan di atas masih ada benarnya hingga zaman modern ini. Mau lihat kasus-kasusnya?


  • Wahana luar angkasa Galileo
Galileo adalah wahana luar angkasa NASA yang dikirim untuk mengamati Jupiter. Hasil pengamatan Galileo membuka cakrawala ilmu pengetahuan tentang planet terbesar di tata surya kita ini.
Keberatan :
Ketika seluruh pengamatan selesai pada tahun 2003, NASA memutuskan untuk menjatuhkan Galileo ke planet Jupiter. Hal ini dipikir lebih baik daripada kemungkinan Galileo akan jatuh dan mengkontaminasi salah satu bulan Jupiter. Beberapa orang mengatakan bahwa ini adalah salah satu rencana NASA untuk membuat Jupiter menjadi sebuah bintang. Galileo, yang membawa pembangkit energi tenaga nuklir (Plutonium), akan mengaktifkan Jupiter seperti bom fusi.
Keberatan ditolak :
Intinya adalah massa seluruh Galileo yang cuma 2380 kg itu satu triliun trilium (alias ) lebih kecil daripada Jupiter. Apalagi Plutonium yang dibawa oleh Galileo, yang cuma sepersekiannya berat wahana tersebut. Itu mah nggak bakal ngapa-ngapain Jupiter. Penjelasan lebih lengkapnya, lihat di sini .


  •  RHIC (Relativistic Heavy Ion Collider)
RHIC adalah pemercepat partikel yang dibangun di Upton, New York pada tahun 2000. Dalam eksperimen di RHIC, ion-ion ditabrakan dengan energi yang tinggi hingga mencapai 500 GeV. Diharapkan dengan eksperimen ini, kita dapat lebih memahami gaya kuat yang mengikat quark satu sama lain sehingga membentuk nukleon.
Keberatan :
Beberapa orang menolak keberadaan RHIC, karena ditakutkan salah satu hasil dari eksperimen di RHIC akan menghasilkan lubang hitam yang akan menyedot dan memusnahkan bumi.
Keberatan ditolak :
Kita sudah diserang dari dulu-dulu oleh partikel berenergi tinggi yang berasal dari sinar kosmis. Energi sinar kosmis ini GeV, jauh lebih tinggi daripada energi yang dihasilkan RHIC, jadi kalo lubang hitam bakal tercipta di RHIC, harusnya dah tercipta dari dulu-dulu. Kalau dihitung-hitung peluang terciptanya lubang hitam di RHIC adalah 1 banding 50 juta. Masih jauh lebih kecil dibanding peluang kita tersambar petir setiap tahunnya menurut National Lightning Safety Institute yaitu 1 banding 280.000.


  •  LCROSS (Lunar CRater Observation and Sensing Satellite)
LCROSS adalah wahana luar angkasa yang dikirim ke bulan untuk meneliti keberadaan air di kawah bulan yang selalu terlindung dari sinar matahari. LCROSS terdiri dari dua bagian, bagian pertama akan ditabrakkan ke kawah bulan dengan kecepatan 9,000 km/jam  sehingga tanah (dan air?) di kawah akan terlempar setinggi beberapa kilometer. Bagian kedua dari LCROSS akan terbang melalu cipratan tanah ini dan cipratan sehingga akan diketahui apakah terdapat air atau tidak di kawah bulan.
Keberatan:
Beberapa orang keberatan dan khawatir bahwa eksperimen ini akan menghancurkan bulan sehingga kita tidak dapat lagi melihat bulan yang indah di langit malam. Versi lain dari keberatan terhadap eksperimen ini adalah tumbukan LCROSS akan menggeser posisi bulan sehingga merusak kesetimbangan bumi-bulan dan menghasilkan perubahan iklim yang dahsyat.
Keberatan ditolak:
Tumbukan meteor dan bulan dengan tenaga sebesar LCROSS terjadi sekitar sekali setiap minggu. Jadi jika bulan akan hancur karena LCROSS, seharusnya bulan sudah hancur terlebih dahulu sebelumnya akibat hantaman meteor. Hitungan-hitungan dengan hukum kekekalan momentum (hayo.. pada bisa nggak?) menghasilkan bahwa kecepatan bulan setelah ditabrak LCROSS akan berubah sebesar km/jam alias 1,3 picometer/s, wah…wah… diperlukan waktu 25 tahun untuk bulan berpindah sejauh 1 mm dengan kecepatan tersebut. Sebagai perbandingan, bulan menjauh dari bumi 3,8 cm setiap tahunnya akibat adanya interaksi pasang surut.


  • LHC (Large Hadron Collider)
LHC adalah pemercepat partikel paling gres yang dibangung di perbatasan antara Prancis dan Swiss. Dengan energi maksimum sebesar 14 TeV diharapkan LHC dapat menguak berbagai misteri fisika yang kita belum ketahui seperti Higgs boson yang sudah diramalkan puluhan tahun lalu namun belum teramati.
Keberatan:
Seperti RHIC, beberapa orang memperkirakan LHC akan memproduksi lubang hitam yang akan menelan bumi dan memusnahkannya.
Keberatan ditolak:
Hm… ditolak nggak yah? Coba deh lihat webcam-nya LHC di sini.

2 comments:

  1. wah, kena juga nih "disentil" hehehe... terutama soal LCROSS. Tapi, setelah dibaca lagi teliti, ternyata keberatanku beda, lebih sederhana dari yg disebut di atas. Khawatir LCROSS akan menghancurkan atau menggeser posisi bulan sama konyolnya dengan khawatir soal lubang hitam LHC.

    Oiya, keknya perlu ditambah info, bahwa yg bisa dibikin marah ga cuma orang awam yg bodoh dan fanatik agama, tapi juga sesama fisikawan hebat. Contohnya kan segudang tuh, salah satunya Eistein. Bener kan?

    ReplyDelete
  2. Caroline nggak kena sentillah.. kecuali kalau ngerasa :P

    Yang mau dibawa di artikel ini adalah keberatan-keberatan yang tidak masuk akal. Kadang-kadang ada orang yang ketakutan dan ngamuk-ngamuk dulu, sebelum berpikir jernih dan melihat bahwa keberatan yang mereka ajukan sebenarnya tidak masuk akal. Bukan saja soal fisika ini mah, tapi buat hal-hal lain juga. Tapi karena saya bisanya fisika, ya sudah bikin artikelnya soal fisika aja, he..he...

    Um... keberatannya Einstein apa aja yah? Maksudnya debatnya Om Einstein dengan Om Bhor soal mekanika kuantum?

    ReplyDelete